Selasa, 28 Januari 2014

Kerajinan Dari Kota Metro

1. Kerajinan Patung Gajah Kota Metro
 Cinderamata Khas Kota Metro, Miniatur Gajah Lampung dihias Kain Tapis
Kerajinan patung khas Lampung merupakan produk dari IKM Kota Metro, disamping patung gajah Lampung, kerajinan lainnya berupa patung Siger Lampung ( mahkota adat pengantin wanita Lampung ) , dan patung Burung Balo-Balo khas Lampung.
2. Kerajinan Enceng Gondok Kota Metro
Kerajinan Enceng Gondok Motif Siger Lampung
Ciri Khas Kerajinan Enceng Gondok dengan Motif Siger Lampung
Kerajinan enceng gondok khas Lampung memiliki ciri khas tersendiri dengan penggunaan motif siger Lampung sebagai pembeda, disamping itu material yang digunakan untuk hiasan sigernya masih dengan menggunakan enceng gondok yang telah dipipihkan. Disamping dijual dalam bentuk tas, enceng gondok tersebut dikreasikan dalam bentuk sarung bantal, tempat tisu, tempat pensil, tatakan gelas, sajadah, taplak meja, dan lain-lain.
3. Kain Sulam Tapis Lampung
Kain Sulam Tapis Lampung
IKM Kota Metro juga menghasilkan Kain Sulam Tapis Lampung
Kain Tapis merupakan kain khas masyarakat Lampung, digunakan secara turun temurun dalam acara acara adat dan acara pernikahan juga acara penyambutan tamu. Tiap-tiap motif yang ada melambangkan jenis tapis dan mencerminkan penggunanya, baik untuk kalangan atas maupun untuk remaja. Kain tapis sebelumnya ditenun, kemudian disulam benang emas dengan motif-motif alam seperti tanaman, bintang, burung naga, kapal, dan lain sebagainya. Kerumitan dalam proses pembuatannya menjadikan kain tapis berharga cukup mahal.
4. Kerajinan Sulam Usus Lampung
Kain Sulam Usus Lampung
IKM Kota Metro juga Menghasilkan Kerajinan Sulam Usus Lampung
IKM Kota Metro juga menghasilkan kerajinan sulam usus khas Lampung, sulam usus tersebut kebanyakan digunakan sebagai kebaya. Namun sulam usus juga dapat dikreasikan sebagai taplak meja yang cantik, peci, dan lain sebagainya.
5. Kerajinan Perak Kota Metro
Kerajinan Perak Kota Metro
Cantiknya Perak dengan Ciri Khas Siger Lampung
Salah satu produk unggulan Kota Metro yakni kerajinan perak dalam berbagai bentuk perhiasan seperti cincin, gelang dan kalung. Ada banyak kerajinan perak di daerah lainnya di Indonesia, dan disini Kota Metro tetap mengusung ciri khas siger Lampung sebagai ciri khas daerah Lampung.

0 komentar:

Posting Komentar